Penyebab Banjir

banjir-kok-tiap-tahun

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa tanggul di sejumlah kali di Ibu Kota jebol belum lama ini.

Kejadian yang terjadi di musim hujan itu memunculkan tanya, bagaimana sebenarnya kondisi keamanan tanggul dari sejumlah kali yang ada di Jakarta?

Jangan sampai setelah ada bencana baru diketahui bahwa tanggulnya ternyata bermasalah atau rawan.
Sejumlah tanggul yang belum lama ini jebol yakni di tanggul Jalan Lebak Sawah RT 05 RW 02, Cijantung, Pasar Rebo, dan di Jalan Baret Biru 3 RT 10 RW 03 Kalisari. Keduanya di Jakarta Timur.
Jebolnya tanggul di Lebak Sawah ditenggarai warga karena kontruksinya saat awal dibangun terkesan asal jadi.
“Lihat aja, cuma batu kali ditempel semen enggak pake behel penyangga. Bagaimana mau kuat menahan air,” kata Sairah (50 tahun), warga RT 05 RW 02 Cijantung, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (12/2/2016).
Warga lainnya, Sumardi (68), beranggapan sama. Ia berharap perbaikan tanggul menggunakan material bangunan yang lebih baik ketimbang sebelumnya.
“Mudah-mudahan kali ini bahan bangunannya bagus biar lebih kokoh. Jangan seperti yang kemarin enggak di-sloop dan dibeton,” ujar Sumardi.

Di Jalan Baret Biru III, turap kalinya juga jebol. Ada dugaan, konstruksinya tidak bagus. Padahal, turap yang jebol itu baru dibangun tahun 2014.
“Turap di kali ini perlu direnovasi, sudah rapuh, kontruksi bangunannya tidak bagus,” kata Koordinator Pekerja Harian Lepas (PHL) Dinas Kebersihan Kelurahan Kalisari, Jakarta Timur, Albert Siregar, Minggu (14/2/2016).

Versi Ahok
Gubernur DKI Jakarta sedang mengecek penyebab beberapa tanggul itu jebol. 
“Makanya kami lagi cek kenapa banyak (tanggul) yang jebol,” kata Ahok di Balai Kota, Sabtu (13/2/2016).

Ahok menyebut, Jakarta tidak akan banjir jika tidak ada peristiwa tanggul jebol. Menurut Ahok, saat ini banjir terjadi di Jakarta akibat tanggul jebol. 
Ahok menilai jebolnya tanggul di Cijantung, Jakarta Timur, lantaran ada warga yang memperluas rumahnya hingga ke badan sungai. Sehingga aliran sungai terganggu, dan menggerus tembok. 

“Yang di Cijantung, di Lebak Sawah jebol karena itu ada rumah yang nutupin setengah kali, mereka perluasan rumahnya. Jadi otomatis terjangan akan menghajar, mengikis dinding sungai,” kata Basuki.

Diperbaiki

Tanggul yang jebol di Cijantung saat ini dalam proses perbaikan. Proses perbaikan tanggul tersebut diperkirakan selesai dalam jangka waktu seminggu kedepan.
“Kemarin Pak Ahok langsung memerintahkan agar (tanggul) segera diperbaiki agar saat hujan air tidak masuk ke rumah warga,” ujar Yadi, koordinator pekerja perbaikan tanggul saat diwawancarai di lokasi, Minggu.
Namun kondisinya berbeda dengan tanggul di Jalan Baret Biru III, yang belum ada perbaikan. Belum diketahui pula, kapan tanggul jebol tersebut akan diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *