AMANDEL

radang tenggorokan akut lebih dari sekedar penyakit

Amandel adalah benteng pertahanan tubuh yang yang mempunyai fungsi sebagai pengontrol masuknya berbagai macam kuman, bakteri,dan juga virus ke dalam tubuh. Apa bila amandel anda bekerja dengan terlalu berat maka akan terjadi peradangan pada amandel atau tenggorokan anda. Tugas amandel akan bertambah berat jika di dalam tubuh anda menumpuk agent – agent penyebab dari peradangan amandel (virus, bakteri, jamur, parasit, iritasi makanan).

Tonsilitis umumnya di sebabkan oleh virus, virus penyebab tonsilitis atau amndel yaitu :

 

Selain oleh virus, bakteri juga dapat menyebabkan terjadinya tonsilitis atau amandel. Contohnya adalah bakteri Streptococcus pyogenes, bakteri ini dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan anda yang sangat di kenal dengan Strep Throat. Apa bila tidak di tangani maka infeksi pada amandel anda akan berkembang menjadi demam rematik.

Efek dari demam rematik ini adalah dapat mempengaruhi jantung terutama katupnya beberapa tahun setelah terjadinya infeksi.

Dalam kasus yang sedikit, tonsilitis atau amandel dapat di sebabkan pila oleh jamur dan parasit, kasus seperti ini sangat jarang sekali terjadi oleh orang yang sistem immune nya sehat.

Yang menyebabkan amandel juga bisa dari iritasi makanan, contohnya seperti makanan yang di goreng, makanan yang memakai penyedap rasa, makanan yang terlalu pedas, minuman yang terlalu dingin atau menggunakan es batu, dan juga minuman yang terlalu panas.

Penyabab lainnya yaitu kontak langsung, misalnya ketika anda tanpa di sengaja ikut menghirup butiran bersin dan juga batuk di udara yang di keluarkan oleh orang yang sedang menderita tonsilitis.  Dan tanpa di sengaja anda memegang bagian benda yang telah terkena atau terkontaminasi virus atau bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya tonsilitis kemudian anda langsung memegang mulut atau hidung anda.

Kebersihan mulut juga salah satu penyebab, kebersihan mulut yang tidak di jaga juga membuat agen peradangan (virus) dapat mudah masuk dan menginfeksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *