Terbiasa Minum Air Mineral

anak minum

Si kecil sulit minum air mineral? Memang banyak anak-anak yang lebih menyukai minuman berwarna dan memiliki rasa, dibandingkan air mineral dengan rasa yang hambar.

Namun tenang, sebab psikolog Ajeng Raviando, Psi memberikan tips mudah yang bisa kamu terapkan jika si kecil sulit minum. Menurutnya, dalam membentuk kebiasaan minum air mineral ialah dimulai dari orangtua, sebab yang menjadi panutan pertama si kecil. “Anak kita bisa rajin minum air mineral ketika mulai melihat orangtuanya minum air. Dari situlah anak mulai membiasakan diri minum air karena mencontoh orangtuanya,” ujar Ajeng saat ditemui dalam acara Aqua, Jakarta.

Tidak hanya di meja makan, sediakan air mineral di tempat terjangkau anak. Seperti di tempatnya bermain atau belajar, bahkan di dalam mobil. Ajeng mengatakan, usahakan di dalam rumah tidak menyimpan minuman dengan rasa.

Selain itu, juga harus memberi pengetahuan agar membuat anak paham, mengapa kita butuh minum air. Rasa tawar menjadi salah satu alasan anak tidak menyukai air mineral, namun jika sudah membiasakan minum air mineral sejak dini, si kecil akan terbiasa dengan rasanya. Untuk itu jangan berikan anak banyak pilihan seperti menawarkannya mau minum sirup atau air mineral. “Anak-anak belajar melalui observasi lingkungan sekitar, sehingga orang tua yang terbiasa minum air mineral akan lebih mudah menularkan kebiasaan itu pada anaknya. Ajak mereka untuk minum air mineral bersama setelah berolah raga atau bermain, untuk menciptakan pengalaman positif dan perasaan segar yang didapatkan dari minum air,” tambahnya.

Dengan begitu, lama kelamaan anak akan sukarela minum air mineral. Ajeng menekankan, jangan sampai memaksa anak, cobalah selalu mencari cara menyenangkan membuat anak terbiasa minum air mineral agar muncul emosi yang positif. (vem/asp/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *