Penyebab penyakit batuk yang tak kunjung sembuh

batuk 3

Batuk memang sering menyerang jika daya tahan tubuhmu kurang baik dan musimnya sedang berganti. Flu dan pilek bisa menyerang karena virus dan akan sembuh dalam hitungan hari saja asal kamu mengobatinya.

Tapi pernahkah kamu mengalami batuk yang tak kunjung sembuh? Ini bisa jadi karena daya tahan tubuhmu masih lemah sehingga lambat sembuhnya. Bagaimana pun, kamu juga tak bisa mengabaikan batuk yang berkepanjangan, karena bisa jadi batuk yang tidak sembuh-sembuh ini punya alasan lain. Ini nih yang perlu kamu waspadai.

Menurut sebuah penelitian dari Emory University yang diterbitkan dalam JAMA, di tahun 2012 ada 48.277 kasus pertusi atau batuk rejan dan 20 orang meninggal karenanya. Hati-hati jika kamu mengalami batuk parah dengan suara berat saat menghirup napas. Gejalanya seperti batuk dan flu biasa tapi begitu intens bahkan kamu bisa demam hingga muntah.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest, sebanyak 65 persen orang mengalami kanker paru-paru mengalami batuk kronis di awal diagnosis. Jangan merasa aman hanya karena kamu tidak merokok karena perokok pasif juga bisa mengalami kanker paru-paru. Hati-hati jika batuk lebih dari 2 minggu dan semakin parah hingga batuk keluar darah, susah menelan disertai dada sakit.

Batuk kering yang tak juga reda bahkan hingga malam dan menyebabkan tak bisa tidur juga harus diwaspadai karena bisa jadi pneumonia. Waspadai jika sudah terasa sangat menyiksa, susah bernapas, menimbulkan sesak dada, nyeri, batuk keluar dahak hijau hingga demam tinggi.

Biasanya penyakit ini dipicu kebiasaan merokok. Waspadai batuk terus-menerus hingga mengeluarkan lendir, terutama batuk parah di pagi hari. Nafasmu kemungkinan pendek-pendek, sesak dada dan mengi.

Penyakit karena bakteri mycobacterium tuberculosis ini menyerang daya tahan tubuh lemah. Batuk biasanya tak berhenti lebih dari 3 minggu, diikuti dengan nyeri dada, kelelahan, demam, keringat dingin malam hari, penurunan berat badan hingga batuk darah. TBC bisa fatal, jadi jangan tunggu memeriksakan ke dokter jika mengalami batuk seperti ini.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *